Sandiaga Kandidat Kuat, Menyasar 40% Segmen Kosmopolit Rasional
Kamis, 22 September 2016 (4:23 pm) / Politik
teropongsenayan.com

Menangapi isu soal yang berkembang tentang kekompakan koalisi yang mendukungnya, Kandidat Calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa Koalisi Kekeluargaan saat ini masih tetap utuh.

Sementara itu Mardani Ali Sera salah satu  Tim “Koalisi Kekeluargaan” mengatakan, partainya sudah menyiapkan strategi khusus untuk merebut suara dan popularitas dari pasangan Ahok-Djarot, terutama dengan menyasar kelas menengah perkotaan yang tak terpengaruh isu SARA.

“Ada tiga tipe pemilih, 25% itu Ahok-ers, pendukung berat Ahok, 30% itu sebaliknya,  kita tidak main di dua segmen ini. Tapi kita main di segmen tengah yang 40-45% yang kosmopolit, rasional, open mind, tidak menganggap pilkada pertarungan agama, tapi ini adalah beauty contest. Ini adalah tempat kita mengarahkan sasaran. Tentu Pak Ahok, Pak Djarot, punya kemenangan dalam hal track record, tetapi (pemilih) di 40-45% itu masih bisa diajak dialog,” demikian Mardani mengungkapkan seperti dilansir oleh bbc.com.

Seperti diketahui awam, beberapa partai telah menunjukkan komitmennya masuk dalam Koalisi Kekeluargaan yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung calon pejawat (petahana)

“Para pemimpin parpol saat ini masih melakukan pertemuan di rumah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas,” kata Sandiaga di Jakarta kepada republika.com Rabu (21/9) malam.

Saat ini sedang dibahas bersama dan yang pasti harus bersatu, sesuai dengan aspirasi masyarkat, katanya. “Kita kan menampung aspirasi masyarakat dan tidak bisa ego. Karena masyarakat menginginkan koalisi kekeluargaan tetap bersatu,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, Partai Gerindra masih memberikan kepercayaan pada dirinya sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta. Ia pun sudah mulai bergerak secara mantap dan optimis. “Apa yang saya lakukan belum dilakukan oleh calon lainnya seperti berkunjung di 267 kelurahan dan 44 kecamatan di DKI Jakarta,” papar Sandiaga sembari membandingkan dengan usahanya dengan kandidat lain. Ia juga menjajikan akan menawarkan nuansa demokrasi yang baru dan kampanye yang modern, tidak memecah belah serta sesuatu yang baru, serta tidak menyakiti hati rakyat..

Sebelumnya, pada sebuah kesempatan Sandiaga menantang petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok agar terbuka soal harta kekayaan.“Saya siap untuk transparan mengenai harta yang saya miliki. Saya juga siap membuktikan pajak-pajak selama sepuluh tahun terakhir,” ujar Sandiaga, Rabu (21/09/2016) melalui akun twitternya @sandiuno. Sandiaga mengaku akan sangat mengapresiasi apabila Gubernur Jakarta Ahok juga siap untuk melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Sandiaga.

“Saya berharap semoga Pak Basuki juga transparan mengenai dana kampanye selama ini, baik yang langsung maupun tak langsung,” kicau pengusaha ini menyambut 22 minggu menjelang pilkada DKI.

Hingga Kamis (22/09/2016) pagi, baru pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat yang sudah mendaftar ke KPU DKI Jakarta sebagai peserta Pilkada 2017. Pasangan ini didukung oleh PDI-P, Partai Hanura, Partai Nasdem, dan Partai Golkar.  Sementara itu, sebagian partai lain seperti Gerindra, PAN, PKB, PKS, dan PPP yang membentuk Koalisi Kekeluargaan masih terus berembug untuk menentukan pasangan penantang petahana.

Sebelumnya, Sandiaga-Yusril seakan kompak mengucapkan selamat atas pencalonan Ahok-Djarot.

“Selamat atas pencalonan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur,” kicau Sandiaga.

Begitu pula Yusril ; “Saya ucapkan selamat kepada Pak Ahok dan Pak Djarot yang telah diputuskan DPP PDIP sebagai Cagub dan Cawagub DKI Jakarta malam ini,” tulis Yusril, Selasa (20/09/2016), melalui akun twitter-nya @Yusrilihza_Mhd.

Reporter: pry

Redaktur: prayudha

Sumber: bbc.com, republika, antaranews, @sandiuno, @Yusrilihza_Mhd

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih