Rekomendasi Surga Wisata Mudik di Sepanjang Pantura (Bagian 2)
Jumat, 24 Juni 2016 (6:00 am) / Ekonomi & Bisnis, Uncategorized
google.com

Masih menyambung rekomendasi wisata mudik sebelumnya, kami sajikan rekomendasi wisata mudik sepanjang Pantura berikut ini :

1. Masjid Agung, Semarang

Semarang merupakan kota yang penuh dengan bangunan-bangunan unik peninggalan Belanda. Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang menyajikan ragam destinasi wisata yang memanjakan inajinasi kamu.

Salah satu destinasi yang sedang ngetrend di Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang dibangun dengan akulturasi gaya bangunan Jawa, Arab, dan Yunani.

Di halaman masjid MAJT kamu akan menemui prasasti raksasa yang memiliki berat 7,8 ton. Prasasti ini terbuat dari batu alam yang diambil dari lereng Gunung Merapi. Di pelatarannya, terdapat enam payung raksasadengan mesin kontrol otomatis yang dapat membuka atau menutup payung. Ini seperti membawa kamu merasakan kemegahan masjid Nabawi di Madinah.

Yang paling menarik dari Masjid ini adalah Menara al Husna, dengan ketinggian mencapai 99 meter. Sebuah menara kokoh yang melambangkan kejayaan Islam. Di dalamnya terdapat sebuah studio radio dakwah dan museum kebudayaan Islam.

Bagi pengunjung yang ingin berbuka puasa di sini, kamu tinggal naik ke menara lantai 18. Sebuah kafe muslim yang menyajikan berbagai masakan sesuai lidah Anda. Uniknya, kafe ini dapat berputar 360 derajat.

2. Lawang Sewu, Semarang

Ingin seseruan saat mudik Lebaran? Kamu bisa memilih untuk menghindari masuk jalan tol dan ambil jalur dalam kota. Luangkan waktu kamu bertandang ke Lawang Sewu. Lawang Sewu atau Seribu Pintu merupakan bekas bangunan kolonial Belanda. Bangunan bersejarah yang juga menjadi ikon Kota Semarang berada di daerah Simpang Lima. Selain sejarahnya, keindahan arsitekturnya menjadikan Lawang Sewu sebagai destinasi wisata favorit.

Jika kamu pemberani, malam hari adalah saat yang tepat untuk mengunjungi wisata mudik Lawang Sewu ini. Karena konon jika malam tiba bangunan ini mendatangkan suasana mistis yang akan memacu adrenalin kamu.

4. Kuil Sam Poo Kong, Semarang

Wisata mudik di Semarang masih banyak lagi yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah kuil bersejarah tempat singgah Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah dari China yang beragama Islam.


Destinasi ini memiliki daya tarik melalui suasana dan arsitektur di sekitar kuil yang menyerupai kuil-kuil di negeri China. Kuil ini pun memiliki andil dalam perkembangan sejarah tentang pengaruh terhadap perkembangan Islam dan Tionghoa di tanah Jawa.

4. Gua Maharani, Lamongan

Perjalanan mudik kamu memasuki Kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Timur yang berada di tepi jalur utama Pantura atau Jalan Raya Daendels, terdapat gua kapur yang sangat indah, bernama Gua Maharani. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang sampai sekarang masih tetap tumbuh sepanjang satu centimeter setiap 10 tahun sekali.

Konon menurut para penjelajah dunia, Gua Maharani merupakan gua terbaik karena keelokannya yang dapat disandingkan dengan Gua Altamira di Spanyol, Gua Mammoth di Amerika Serikat, dan Gua Coranche di Perancis. Tak jauh dari Gua Maharani terdapat makam Sunan Drajat dan makam Sunan Sendang Duwur, keduanya merupakan penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

5. Wisata Bahari Lamongan, Lamongan

Selain Gua Maharani, Lamongan juga memiliki kawasan Wisata Bahari Lamongan. Destinasi yang dikenal dengan sebutan WBL ini berada di jalur Pantura Surabaya-Tuban.

Dalam lokasi ini, terdapat beberapa wahana unggulan yaitu Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut. Untuk memasuki Wisata Bahari Lamongan, pelancong dikenakan tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang pada hari biasa dan Rp 60.000 pada hari Jumat sampai Minggu serta libur nasional.

Demikiaan sebagian rekomendasi kami, nantikan rekomendasi kami selanjutnya dalam wisata mudik sepanjang Pantura berikutnya disini.

Reporter: abusyifa

Redaktur: Abu Syifa

Sumber: https://indonesia360derajat.wordpress.com/2014/07/27/25-lokasi-wisata-di-jalur-mudik-pantura-dan-selatan-jawa-bag-2/

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih