Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR – Council on American-Islamic Relations), organisasi advokat terbesar Amerika untuk hak-hak sipil Muslim berkampanye melalui cara humor cerdas. Mereka memperkenalkan “Islamophobin“, obat untuk mengatasi fenomena meningkatnya fanatisme anti-Muslim Di Amerika.

Obat ini (Faktanya adalah hanya Permen karet rendah kalori) memiliki desain dan kata-kata menarik di dalam paketnya. Dalam paketnya tertulis “obat” ini akan berhasil menyembuhkan “intoleransi buta”, ketakutan yang tidak masuk akal terhadap Muslim, kefanatikan tidak logis dan pengkambinghitaman Muslim yang terjadi sebelum pemilihan presiden Amerika.

Kampanye cerdas ini menambahkan bahwa paket permen karet Islamophobin juga memiliki daftar efek samping. Daftar efek tersebut antara lain kefanatikan akan Islamophobia akan berkurang pada konsumen dan membuat pikiran menjadi lebih rasional, yang akan membantu Anda untuk melihat individu sebagaimana mereka yang sebenarnya. Tertulis juga bahwa Anda harus menghubungi dokter jika Islamophobia memburuk atau jika penyakit Islamophobia kambuh kembali.

Paket permen karet Islamophobin ini juga memiliki peringatan yang tercetak di atasnya. Peringatan ini mengatakan bahwa orang-orang yang percaya pada toleransi dan saling pengertian akan keberagaman agama tidak harus mengambil produk ini. Hal ini juga mengatakan bahwa orang-orang yang menganggap Muslim secara stereotip dan mengikuti teori konspirasi Islamofobia bisa menemukan diri mereka didera oleh rasa bersalah atau menyesal setelah minum obat ini.

Bagi CAIR, permen karet ini adalah respon satir sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengatasi peningkatan sikap Islamophobia. Hal ini diungkapkan dalam siaran pers mereka. Organisasi ini juga melakukan iklan televisi komersial untuk memperkenalkan permen karet islamophobin. Kampanye iklan yang diluncurkan 25 Mei ini termasuk iklan televisi yang lucu.

Kampanye iklan satir ini terinspirasi oleh kampanye serupa yang diluncurkan oleh komunitas Muslim Swedia di Eropa. Menurut Nihad Awad, direktur eksekutif CAIR, “organisasi berharap bahwa iklan lucu ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Islamophobia. Mereka yang menunjukkan kebencian terhadap agama tidak hanya merugikan umat Islam AS, tetapi juga menghancurkan nilai-nilai kebebasan beragama dan persamaan yang merupakan landasan dari terbentuknya negara Amerika” , demikian di lansir dari laman worldreligionnews

Redaktur: Abu Taqi

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih