Presiden Turki Larang Muslim Lakukan KB, Ajak Perbanyak Keturunan
Selasa, 31 Mei 2016 (6:18 pm) / Internasional

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghimbau seluruh keluarga muslim di negaranya untuk tidak mengikuti program keluarga berencana. Erdogan malah menyerukan umat muslim untuk memperbanyak anak.

“Tidak ada keluarga muslim yang boleh mengikuti program semacam itu. Kita akan memperbanyak keturunan,” kata Erdogan seperti dilansir dari Guardian, Senin (30/5).

“Tidak ada yang bisa ikut campur dalam pekerjaan Tuhan,” kata dia.

Pernyataan Erdogan langsung mendapat kritik keras dari oposisi dan kelompok pemerhati hak perempuan. Menurut mereka, sang presiden tak seharusnya mengimbau wanita muslim untuk punya anak banyak seperti ini.

Sebuah kelompok pemerhati HAM Perempuan Platform to Stop Violence Against Women mengecam pernyataan tersebut.

“Anda tidak dapat merampas hak kami untuk menggunakan kontrasepsi, atau hak kami yang lain dengan pandangan Anda yang kuno itu,” cuit kelompok tersebut di Twitter.

“Kami akan melindungi hak-hak kami,” lanjut kelompok ini.

Erdogan sendiri memiliki empat anak, mereka terdiri dari dua putra dan dua putri. Putri sulungnya, Esra bahkan memiliki tiga anak.

Presiden Turki ini pernah dikritik karena menolak gagasan Barat mengenai kesetaraan gender. Dia bahkan pernah mengatakan program keluarga berencana adalah pengkhianatan.

Redaktur: Shiga Oman

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih