Dewan Hubungan Internasional Negara Teluk Mengutuk Usaha Iran Mempolitisasi Haji
Selasa, 31 Mei 2016 (9:22 pm) / Bumi Islam, Internasional, Politik
C ondemns Iran's designs to politicize Hajj

Jeddah – Dewan Hubungan Internasional Negara Teluk mengecam apa yang disebutnya usaha rezim Iran untuk mempolitisasi haji dan melaksanakan agenda etnis dan sektarian yang tidak pernah cocok dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam. Mereka menekankan hak Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah setiap politisasi acara tahunan demi menjaga keselamatan jamaah dari setiap tindakan yang mungkin membahayakan dan mengancam kehidupan mereka.

Kepala Dewan Hubungan Internasional Negara Teluk dan Presiden Asosiasi Arab untuk Pers dan Media Freedom, Dr. Tariq bin Khalifa Al-Shammari, mengatakan bahwa rezim Iran telah menargetkan keselamatan jamaah berkali-kali selama beberapa tahun terakhir, dengan upaya dari operasi teroris selama musim haji. Demikian lansir dari laman audigazette dan alriyadh.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi dengan tegas menolak kritik yang dilakukan Iran terhadap penanganan haji setelah terjadinya insiden Mina.

“Saya percaya Iran harus lebih bijak daripada bermain politik dengan tragedi yang menimpa jamaah yang sedang melakukan kewajiban agama yang paling suci,” ujar Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir, lansir Arabnews.

Pernyataan tersebut dilakukan Al-Jubeir usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry. Ia menegaskan Arab Saudi mampu menangani situasi yang terjadi.

“Arab Saudi telah memiliki sejarah panjang yang luar biasa untuk menyelenggarakan ibadah haji untuk memastikan bahwa jamaah yang datang ke sana bisa melaksanakannya dengan baik,” lanjutnya

Redaktur: Abu Taqi

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih