Presiden Jokowi Suarakan Kemerdekaan Palestina Saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean
Rabu, 17 Februari 2016 (2:54 pm) / Internasional
detik.com

Presiden Indonesia Joko Widodo menyerukan negara-negara Asean dan Amerika Serikat (Asean-AS) untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Palestina.

Jokowi menyampaikan ajakannya tersebut ketika menghadiri acara makan malam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean-AS di Sunnylands Historic Home, California, Senin (15/2) malam, yang dihadiri Presiden AS Barack Obama dan para kepala negara Asean.

“Saya ingin mendorong agar ASEAN dan AS terus dapat memberikan kontribusi bagi penyelesaian masalah Palestina,” kata Jokowi berdasarkan siaran pers yang dikirimkan Tim Komunikasi Presiden.

Ia juga menegaskan, Indonesia telah konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Salah satu betuk kontribusi Indonesia terhadap palestina adalah kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada tanggal 6-7 Maret 2016.

KTT Luar Biasa OKI yang akan diselenggarakan di Jakarta, yang rencananya akan membahas masalah Palestina dan Al Quds. Indonesia akan mengundang observer termasuk AS. Tidak hanya membahas masalah Palestina saja, ujar Jokowi, dunia internasional juga harus memperhatikan buruknya hubungan antara Arab Saudi dengan Iran.

“Saya juga telah mengutus Menteri Luar Negeri Indonesia ke Iran, Arab Saudi dan sejumlah negara di Timur Tengah untuk menggalang perdamaian,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, Indonesia sudah memberikan usul akan dibentuknya suatu mekanisme semacam code of conduct yang memiliki prinsip-prinsip membangun kepercayaan, menghormati kedaulatan negara lain, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Menurut Jokowi, hal ini merupakan salah satu kunci terciptanya perdamaian di Timur Tengah.

Redaktur: A. Kamdina

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih