Demi Mendukung LGBT di Indonesia dan 3 Negara Asia, UNDP Siap Mendanai Sebesar $ 8 juta (Rp 108 M)
Sabtu, 13 Februari 2016 (1:08 pm) / Internasional
oxfam.ca

Sebuah badan PBB yang mendukung komunitas lesbian, gay, biseksual, transgender dan interseks (LGBTI) yaitu United Nations Development Programme (UNDP) menjalin kemitraan regional dengan Kedutaan Swedia di Bangkok, Thailand dan USAID.

Empat negara yang menjadi fokus sasaran LGBT yaitu: Indonesia, China, Filipina dan Thailand. Kucuran dana sebesar US$ 8 juta (sekitar Rp 108 miliar) siap untuk dikeluarkan demi mendukung gerakan LGBT.

“Inisiatif ini dimaksudkan untuk memajukan kesejahteraan komunitas lesbian, gay, biseksual, transgender dan interseks (LGBTI), dan mengurangi ketimpangan dan marginalisasi atas dasar orientasi seksual dan identitas gender (SOGI),” demikian disampaikan UNDP di situs resminya, Jumat (12/2/2016).

Disebutkan oleh UNDP, inisiatif ini merupakan kolaborasi dengan masyarakat sipil, yang melibatkan institusi-institusi nasional dan regional untuk memajukan hukum dan kebijakan protektif, serta memberdayakan masyarakat sipil.

UNDP menyebutkan bahwa proyek ini dimulai pada Desember 2014 hingga September 2017 mendatang yang ada di dalam keterangan situsnya.

Salah satu badan PBB ini pun merinci beberapa target dan tujuan dari proyek kemitraan regional. Salah satunya adalah mendukung kaum LGBTI untuk mengetahui hak-hak mereka dan mendapatkan akses ke pengadilan guna melaporkan pelanggaran-pelanggaran HAM.

Hasil-hasil yang ingin dicapai dari proyek ini, salah satunya adalah meningkatnya kemampuan organisasi-organisasi LGBTI untuk secara efektif memobilisasi, menyokong dan berkontribusi dalam dialog-dialog kebijakan dan aktivitas pemberdayaan komunitas.

Redaktur: A. Kamdina

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih