Pertama di Indonesia: Sekolah Menghafal Al Quran bagi Ibu Hamil

Sabtu, 8 Juni 2013 (7:46 am) / Nasional

Biasanya kita sering mendengar di bukanya program menghafal Quran bagi anak usia sekolah, dari mulai SD sampai mahasiswa. Begitupula untuk para orangtua bahkan lansia, banyak didirikan program Al-Quran yang salah satu tujuannya adalah mengajari membaca Al-Quran dari mulai membaca, tahsin, hingga menghafalkan. Yang unik dan menarik kali ini, – bahkan mungkin pertama kali di Indonesia – adalah yang digagas para ustadz-ustadz muda di Rumah Quran Haramain yang bekerja sama dengan Happy Family Care (HFC) Solo, menyelenggarakan program Sekolah Quran Ibu Hamil di Solo, insya Allah Grand Opening pada 13 Juli 2013. Dilihat dari namanya, jelas program ini menyasar ibu hamil sebagai peserta sekolah tersebut, untuk dimotivasi sekaligus diajari membaca, menghafal quran selama proses kehamilan berlangsung. Kira-kira apa saja manfaat, hikmah dan keunikannya ya?

Program menghafal Al-Quran bagi ibu hamil menjadi sangat penting dan bermanfaat dilihat dari dua sisi.

Pertama: Sisi ibu hamil. Telah banyak sama diketahui bahwa kondisi kehamilan pada seorang wanita sering membawa pengaruh kesedihan dan kegelisahan yang berlangsung terus menerus. Apalagi jika terjadi hal lain yang mendukung hal tersebut, misalnya konflik dengan suami, ditinggal suami bekerja jauh jarak dari rumah, atau bahkan kekhawatiran dari sisi kesehatan persalinan dan kebutuhan keuangan. Ternyata kesedihan dan kegelisahan ibu hamil tidak berhenti pada sisi ibu hamil saja, tapi para ilmuwan kesehatan menemukan bahwa hal tersebut membawa pengaruh negatif pada janin. Tingkat pengaruh negatif pada janin ini bukan hal yang bisa disepelekan, karena terkadangan menyebabkan cacat lahir yang serius, karena tahapan perkembangan janin sangat sensitif dan mudah terpengaruh dengan kondisi apapun, termasuk soal psikologis sang ibu.

Dari sisi inilah kemudian sangat penting bagi ibu hamil untuk lebih dekat terhadap Al-Quran, mengingat salah satu fungsi dzikrullah adalah untuk menghadirkan ketenangan dalam hati. Karena itulah, ketika seorang ibu hamil bisa menemukan lingkungan yang baik dan komunitas yang sama-sama bersemangat membaca bahkan menghafal al-Quran, maka insya Allah akan membawa ketenangan dalam menghadapi setiap proses dalam kehamilan bahkan kehidupan selanjutnya.

Kedua: Dari sisi sang janin. Sudah sama diketahui bahwa janin di dalam rahim telah bisa merasakan banyak hal, baik berupa getaran sentuhan maupun mendengarkan suara. Karena itu seringkali para ibu dimotivasi untuk memulai komunikasi dengan sang janin dalam bentuk sapaan sapaan lembut, para ayah pun dimotivasi untuk memberikan sentuhan dan usapan. Selain itu semua, pakar kedokteran barat juga telah lama menggunakan metode memperdengarkan musik-musik klasik ala mozart pada janin untuk merangsang sekaligus menenangkan janin. Alhamdulillah, dengan Al-Quran hal tersebut bisa jauh lebih baik dan berpengaruh positif pada janin. Mendidik anak sudah sejak dimulai bahkan sebelum terlahir ke dunia, dengan memperdengarkan bacaan Al-Quran, khususnya yang dibacakan oleh ibunya sendiri.

Hal ini merupakan langkah awal yang baik bagi anak tersebut, sehingga ketika telah terlahir pun menjadi lebih siap dalam berinteraksi dengan Al-Quran. Banyak sudah diibaratkan dalam pepatah maupun riwayat, bahwa mengajari anak saat kecil seperti mengukir di atas batu, sementara mengajari orang besar seperti mengukir dalam air. Jauh lebih sulit untuk dilakukan. Hal ini senada dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam tarikh kabir, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mempelajari al Quran di usia dini, maka Allah akan mencampurkannya dalam daging dan darahnya” (HR Bukhori). Subhanallah, Semoga Allah SWT memudahkan upaya kita untuk mendekatkan diri kita dan generasi kita dengan Al-Quran.

Registrasi: sms reg_nama_alamat_usia kehamilan kirim ke 085647592744
Tempat Belajar: Gang Delima, Jajar Solo ( sebelah barat masjid Jajar)
Waktu: 2x per pekan ( Sabtu sore dan Ahad pagi ) mulai 13 Juli 2013
Besar SPP: 100.000 per bulan
Info Pendaftaran: 085647592744 (Ust Rudy Hartanto, S.Pdi Al Hafidz)

Redaktur: Shabra Syatila

Copyright © 2011 – 2014