Sengketa Masjid, Jama’ah Nyaris Bentrok Dengan Massa Pihak Pengembang

Kamis, 24 Januari 2013 (1:34 pm) / Nasional

Sebuah pengembang mengerahkan massa untuk merobohkan masjid Raudhatul Islam. Upaya pengerahan massa ini membuat sekitar 100-an orang jama’ah masjid tersebut bersiap menghadapinya.

Puluhan orang berseragam loreng biru, datang ke lokasi dengan bersenjata balok kaya. Jama’ah masjid menyiapkan diri juga dengan senjata kayu. Nampak terlihat ban-ban bekas dibakar sebagai batas demarkasi.

Meski kedua belah kubu telah berhadap-hadapan, namun masing-masing urung saling menyerang. Bentrokan belum terjadi, karena mereka menunggu momen yang tepat.

Jama’ah Raudhatul Islam bersikukuh mempertahankan masjidnya agar tak dirobohkan pihak PT Jatimasindo. Masjid yang kini berdiri di Jl. Yos Sudarso tersebut merupakan pengganti setelah masjid awal dirobohkan. Masjid Raudhatul Islam sendiri dibangun di atas tanah wakaf.

Pihak pengembang nampaknya juga tetap pada keputusannya. Mereka mengerahkan Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP) karena dinilai lebih efektif dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Aparat Polisi Sektor Kota (Polsekta) Medan Barat dan Polisi Resor Kota (Polresta) Medan sudah berada di lokasi termasuk Wakapolresta Medan, AKBP Pranyoto. Pihak aparat belum mengambil tindakan pembubaran massa karena jumlah mereka yang relatif sedikit.

“Nanti ya, nanti ya,” ujar Wakapolresta Medan Pranyoto saat dimintai tanggapan mengenai potensi bentrokan kedua pihak tersebut.

Redaktur: R.S. Permana

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih