Presiden Mursi Pecat Panglima Militer Tertinggi Mesir

Senin, 13 Agustus 2012 (6:43 am) / Bumi Islam

Presiden Mesir Muhammad Mursi memecat kepala angkatan bersenjata dan menteri pertahanan, Mohamed Hussein Tantawi. Mursi juga mengangkat Mahmoud Mekki, seorang hakim senior, sebagai wakil presiden Mesir.

Seperti diberitakan Al Jazeera, juru bicara kepresidenan Yasser Ali mengumumkan pemecatan itu dalam jumpa pers di Kairo, Minggu (12/8/2012). Menurutnya, Tantawi kemudian digantikan oleh Abdel-Fattah el-Sissi sebagai menteri pertahanan.

Pengumuman ini sangat mengejutkan karena tidak lama setelah itu, kepala staf angkatan bersenjata menyatakan mengundurkan diri. “Pengumuman mengejutkan lainnya adalah mundurnya Sami Enan sebagai kepala staf angkatan bersenjata. Bakal banyak pertanyaan muncul, terutama apakah Mursi siap dengan keputusan ini. Dalam beberapa jam kita akan lihat apa yang terjadi. Semua ini terjadi sangat tiba-tiba dan mengejutkan,” ujar reporter Al Jazeera melaporkan dari Kairo.

Sejak kejatuhan Husni Mubarak Februari 2011, Tantawi memimpin Dewan Milliter yang kemudian menguasai pemerintahan Mesir selama 17 bulan. Di bawah Mubarak, Tantawi menjabat sebagai menteri pertahanan selama dua dekade.

Persoalan Konstitusi

Di bawah deklarasi konstitusi sementara yang dikeluarkan sebelum Mursi diambil sumpahnya sebagai presiden, disebutkan bahwa seorang presiden tidak boleh mencampuri dan mengatur institusi militer di negara itu termasuk menunjuk pemimpinnya.

Sebelumnya Dewan Militer telah mengeluarkan sebuah deklarasi yang membubarkan parlemen Mesir terpilih dimana anggotanya kebanyakan adalah sekutu Presiden Mursi yang berasal dari kelompok Islam.

Sebagai Kepala Dewan Militer, Marsekal Tantawi selama ini merupakan pemimpin sementara Mesir pasca jatuhnya Presiden Mubarak tahun lalu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan juru bicara kepresidenan Mesir juga disebutkan bahwa yang harus pensiun adalah Wakil Panglima Angkatan Bersenjata, Sami Annan.

Redaktur: Farid Zakaria

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih