Mursi dan Tantawi sering bersitegang

Presiden Mesir Muhammad Mursi memecat kepala angkatan bersenjata dan menteri pertahanan, Mohamed Hussein Tantawi. Mursi juga mengangkat Mahmoud Mekki, seorang hakim senior, sebagai wakil presiden Mesir.

Seperti diberitakan Al Jazeera, juru bicara kepresidenan Yasser Ali mengumumkan pemecatan itu dalam jumpa pers di Kairo, Minggu (12/8/2012). Menurutnya, Tantawi kemudian digantikan oleh Abdel-Fattah el-Sissi sebagai menteri pertahanan.

Pengumuman ini sangat mengejutkan karena tidak lama setelah itu, kepala staf angkatan bersenjata menyatakan mengundurkan diri. “Pengumuman mengejutkan lainnya adalah mundurnya Sami Enan sebagai kepala staf angkatan bersenjata. Bakal banyak pertanyaan muncul, terutama apakah Mursi siap dengan keputusan ini. Dalam beberapa jam kita akan lihat apa yang terjadi. Semua ini terjadi sangat tiba-tiba dan mengejutkan,” ujar reporter Al Jazeera melaporkan dari Kairo.

  • Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab, serta nasyid walimah & jihad.
    digitalhuda.com/?f1
  • Jual Jaket Motor Respiro Anti Angin dan Anti Air Cocok dipakai Harian maupun Touring
    www.JaketRespiro.com
  • Peluang Usaha Sambil Ibadah, Perwakilan Biro Umrah-Haji Plus dan Raih Reward Ratusan Juta Rupiah.
    www.rumahhajidanumrah.com
  • Sedia Baju Hamil, Baju Menyusui, Celana Hamil, Bra Menyusui, Nursing Pillow, Nursing Apron, dll.
    www.hamil-menyusui.com
  • Pusat Belanja Buku Islam Online Lengkap Dan Murni.
    tokopedia.com/tokobukumuslim
  • Film Rasulullah Muhammad SAW, Umar bin Khattab, Nabi Yusuf, Konspirasi Dajjal Akhir Zaman.
    rubystore.wordpress.com/

Sejak kejatuhan Husni Mubarak Februari 2011, Tantawi memimpin Dewan Milliter yang kemudian menguasai pemerintahan Mesir selama 17 bulan. Di bawah Mubarak, Tantawi menjabat sebagai menteri pertahanan selama dua dekade.

Persoalan Konstitusi

Di bawah deklarasi konstitusi sementara yang dikeluarkan sebelum Mursi diambil sumpahnya sebagai presiden, disebutkan bahwa seorang presiden tidak boleh mencampuri dan mengatur institusi militer di negara itu termasuk menunjuk pemimpinnya.

Sebelumnya Dewan Militer telah mengeluarkan sebuah deklarasi yang membubarkan parlemen Mesir terpilih dimana anggotanya kebanyakan adalah sekutu Presiden Mursi yang berasal dari kelompok Islam.

Sebagai Kepala Dewan Militer, Marsekal Tantawi selama ini merupakan pemimpin sementara Mesir pasca jatuhnya Presiden Mubarak tahun lalu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan juru bicara kepresidenan Mesir juga disebutkan bahwa yang harus pensiun adalah Wakil Panglima Angkatan Bersenjata, Sami Annan.


Redaktur: Farid Zakaria
Sumber: BBC / Arrahmah / Republika

Sebarkan pada dunia: KLIK DI SINI